Berwirausaha dengan Puding Kreatif - Ayo Bisnis

Post Top Ad

02 April 2022

Berwirausaha dengan Puding Kreatif



Ayobisnis - Menurut Presiden Jokowi, lulusan perguruan tinggi tak boleh hanya mengandalkan kemampuan akademik ketika berkuliah. Namun, juga memiliki kemampuan berinovasi yang inovatif. Itulah kata Bapak Presiden Indonesia Ke-6, Bapak Joko Widodo dalam Festival Kampus Merdeka secara daring, Selasa, 15 Juni 2021, yang dikutip dari Medcom.id

Dalam memahami inovasi yang telah disampaikan oleh Bapak Presiden maka kita harus memahami terlebih dahulu, definisi dari Inovasi, Menurut Everret M. Rogers, Inovasi ialah beberapa ide, gagasan, objek, serta juga praktik yang dilandasi serta diterima, ialah sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau juga kelompok tertentu untuk diaplikasikan ataupun juga diadopsi.

Namun pertanyaaannya inovasi apa yang dapat dilakukan dimasa pandemi ini, masa dimana semua orang hanya memiliki modal yang kecil dan tidak besar, lalu inovasi apa yang cocok dilakukan hanya dengan bermodalkan berwirausaha dari rumah. Sebenarnya banyak sekali inovasi kreatif yang dapat kita lakukan hanya dengan modal yang kecil, namun dengan artikel ini, saya sebagai penulis akan menjabarkan tentang berwirausaha dengan pudding kreatif.

Seperti yang kita tahu, hampir setiap orang di Indonesia menyukai makanan yang manis - manis, tak terkecuali camilan penutup  atau  desert yang berasal dari Perancis bernama pudding. Makanan camilan yang bernama Pudding ini adalah sejenis makanan yang terbuat dari pati, yang diolah dengan cara direbus, dan dikukus, sehingga menghasilkan gel dengan tekstur yang lembut dan manis. Dikutip dari Halosehat.com, cemilan Puding ini memiliki beberapa khasiat bagi Kesehatan, diantaranya :
  • Membantu Diet
  • Menormalkan kadar kolesterol
  • Menurunkan kadar Osteoporosis
  • Menurunkan Risiko gangguan Kardiovaskular
  • Sebagai antioksidan
  • Memperlancar Pencernaan
Pada umumnya Di Indonesia sendiri pudding dijual hanya dengan bentuk yang umum dan membosankan, seperti bulat, dengan topping Vla diatasnya, ataupun berbentuk kotak. Tentu saja bentuk dan topping ini sudah sangat umum di Indonesia dan kurang menarik bagi 

Sebagian orang, Namun bagaimana jadinya jika kita menambahkan ide Inovasi kreatif kita diatas pudding yang membosankan tersebut ?

Untuk meningkatkan penjualan dari pudding kita dapat memberikan sedikit sentuhan kreativitas kita keatas pudding untuk menciptakan aneka pudding dengan variasi yang sangat beragam, contohnya seperti :



1. Pudding buah, pudding ini memiliki warna dan rasa yang beragam serta hiasan berbagai aneka macam buah -- buahan segar yang umumnya dapat kita temui di negara kita

2. Pudding tumpeng, seperti yang kita tahu bahwa, tumpeng atau nasi kuning, umumnya hadir dalam perayaan -- perayaan tertentu yang ada di Indonesia, namun dengan Pudding kita juga tetap dapat menciptakan tumpeng namun dengan bahan dasar pudding, lalu hiasanya juga diganti menjadi berbagai macam pudding atau buah lainnya.

3. Pudding ulang tahun, umumnya pada perayaan ulang tahun, kita mempergunakan kue namun bagaimana jika kita menggunakan pudding sebagai gantinya.

4. Pudding hantaran, pada hantaran umumnya hanya berisikan kue kue ataupun roti seperti roti buaya, kali ini kita dapat menggantinya dengan pudding khusus untuk hantaran.

5. Terakhir ada Hampers Pudding yang umumnya hampers pudding masih sangat jarang keberadaannya di masyarakat umum, mungkin kita juga sudah bosan dengan hampers yang itu -- itu saja setiap bulan puasa tiba, namun kali ini kita dapat mempergunakan pudding sebagai bahan dari membuat hampers tersebut.

Dengan hanya bermodalkan kurang lebih 50 Ribu rupiah untuk bubuk pudding dan Vla nya, lalu buah - buahan segar yang seharga 50 - 70 ribuan ditambah dengan, kemampuan daya kreatifitas kita terhadap pudding tersebut dapat menjadikan pudding menjadi lebih menarik, menggugah dan kekinian dimata para konsumen. Selain pudding yang sudah penulis jabarkan diatas masih banyak bentuk dan keanekaragaman pudding yang dapat kita ciptakan dengan daya kreativitas kita

Keuntungan yang dapat kita raih berdasarkan pengalaman saya sebagai penulis sekaligus menggeluti usaha pudding kreatif ini, kita dapat memperoleh keuntung 50 -- 100 ribu rupiah untuk satu buah pudding yang dapat terjual, dan apabila kita asumsikan dalam seminggu terjual 3 buah pudding, dalam satu bulan saya dapat memperoleh 600 ribu rupiah dengan asumsi 1 pudding terjual dengan keuntungan terkecil 50 ribu rupiah. Bagaimana, tertarik dengan berwirausaha pudding kreatif ?






Post Top Ad