5 Pengusaha Muda di Bawah 20 Tahun yang Bisa Menjadi Motivasi Anda - Ayo Bisnis

Post Top Ad

01 Juni 2019

5 Pengusaha Muda di Bawah 20 Tahun yang Bisa Menjadi Motivasi Anda

Ayobisnis -  Persaingan global menjadikan kita sebagai warga negara juga harus ikut bekerja keras. Tentu, tidak sedikit yang gagal, juga tidak sedikit yang berhasil. Apakah Anda juga ingin merajut karir sebagai seorang pengusaha?

Tentunya, banyak yang belum ingin memulai usaha sebab usianya masih terlalu muda. Hal itu seringkali menjadi alasan klise bagi seseorang untuk tidak berjuang dan bekerja keras. Faktanya, ada banyak orang yang telah meraih keberhasilan dan kesuksesan bahkan di usia yang masih sangat muda. Ada yang memulai karir sebagai penjual koran dan kelereng, serta ada yang jatuh bangun untuk membangun usahanya.

Kali ini, ada lima nama pengusaha yang masih sangat muda dan bisa menjadi motivasi bagi Anda. Apabila mereka telah memulai usaha sejak usia yang masih belia, kenapa kita tidak termotivasi untuk ikut mengejar kesuksesan?

Berikut profil 5 orang pengusaha muda yang bisa menjadi motivasi bagi Anda.

1. Victor Giovan Raihan

Nama satu ini aadalah pengusaha penjual minuman unik, Teh Kempot. Brand milik Victor Giovan Raihan sudah ternama bahkan sudah ada puluhan outlet tersebar di seluruh Indonesia. Dari total tersebut, 10 outlet di antaranya adalah outlet miliknya sendiri. Sedangkan sisanya adalah outlet yang dikelola mitranya dengan bentuk kerja sama kemitraan.

Apa itu Teh Kempot? Bagi yang belum mengenal Teh Kempot, ini merupakan minuman hasil kombinasi yang apik dari teh dan susu fermentasi. Hasilnya, hadir teh dengan rasa yang unik, namun menyehatkan tubuh, dan pencernaan. Uniknya, teh ini juga sangat murah, hanya Rp 2000 per satu kemasan ukuran 250 ml.

Perlu dicatat bahwa awalnya Victor pernah memulai usaha di bidang penjualan bakso. Bisnisnya melejit ketika ia menjual teh kempot ini. Anda ingin tahu berapa usia Victor ketika mengembangkan usia ini dan meraih kesuksesan? 18 tahun!

2. Yasa Singgih

Yasa Singgih adalah seorang pemuda kelahiran Bekasi, yang lahir dari keluarga yang sederhana. Bahkan, hal yang membuat Yasa Singgih menjadi lebih mandiri adalah, saat itu keluarganya sedang dalam masa sulit.

Tidak langsung keberhasilan yang didapatkan Yasa. Ia harus jatuh bangun dengan usahanya. Ketika usianya baru 15 tahun, ia mulai karir dengan menjadi pembawa acara (MC) di berbagai acara, sekaligus menekuni bisnis jualan lampu hias daring (online). Usahanya sempat jatuh, dan tahun berikutnya ia menekuni usaha di bidang fashion.

Tidak juga berjalan mulus, ia pernah jatuh bangun dan akhirnya nekat membuat brand miliknya sendiri yang diberi nama Mens Republik. Sempat kena tipu, sempat rugi dan banyak kerugian, tapi Yasa tidak putus asa. Usianya baru 17 tahun ketika usahanya mulai berkembang dan akhirnya sukses. Ia mampu kuliah sendiri dan menerima penghargaan atas prestasi dan kerja kerasnya.

3. Hamzah Izzulhaq

Nama yang satu ini memang sudah punya bakat wirausaha sejak masih sangat kecil. Masih usia SD, Hamzah sudah berjualan mainan anak-anak sampai jualan koran. Pintu kesuksesannya dimulai dengan mengikuti sebuah seminar.

Dari seminar itu, ia bertemu dengan seorang mitra yang menawarkan franchise usaha bimbingan belajar (Bimbel). Dari situ, ia memulai usahanya di salah satu cabang bimbel tersebut. Salah satu kenekatannya adalah melakukan take over terhadap cabang yang ada di Jakarta. 

Tanpa modal, ia melakukan peminjaman modal pada ayahnya, juga pada pihak lainnya. Tahun 2011, ia berhasil menjadi direktur utama di perusahaan Bimbel miliknya sendiri, dan sukses hingga dibuka cabang di tempat lain. Ketika berhasil tersebut, usianya baru saja menginjak angka 18 tahun.

4. Theresia Deka Putri

Nama yang satu ini adalah salah satu pengusaha kopi dan teh. Ia mengembangkan usaha kopi luwak lanang dan berhasil memasarkan produknya dengan baik.  Saat ini, ia telah menjual produknya ke berbagai negara seperti Taiwan, Jepang, Korea Selatan dan lain sebagainya.

Kopi luwak lanang yang diproduksinya termasuk produk yang langka dan punya rasa yang unik. Saat ini usianya baru 24 tahun, namun keberhasilannya sudah dimulai sejak tahun 2012, ketika ia diganjar penghargaan Wirausaha Muda Mandiri. Saat menerima penghargaan tersebut, usianya masih 19 tahun.

5. Ammar Mandili

Nama berikutnya adalah seorang pemuda Indonesia yang saat ini kuliah di Singapura. Sambil kuliah, Ammar membuat sebuah produk clay (sejenis minyak rambut seperti pomade, gel) yang diberi nama Thoug Clay. Lewat penjualan online, seperti lewat situsnya pelurusrambut.com, atau lewat akun Instagramnya @indohaircut, Ammar Mandili berhasil meraih kesuksesan dan telah beberapa kali menjadi pemateri seminar kewirausahaan di Singapura.

Saat ia meraih keberhasilan dan kesuksesan, usianya masih sangat muda. Yakni, 19 tahun.

Demikian beberapa profil pemuda yang berhasil meraih kesuksesan di usia yang sangat muda bahkan masih di bawah 20 tahun. Jadi, apakah Anda juga termotivasi untuk sukses seperti mereka? Jangan ragu memulai meski Anda masih sangat muda.  

Adhyra Irianto 

Salam sukses

Post Top Ad